Tepati Janji, Yahoo Menuntut Facebook

Bagikan ke Teman! :


Yahoo menepati janji untuk menuntut Facebook. Senin (12/3) perusahaan penelusuran internet asal Amerika tersebut resmi melayangkan pengaduan pelanggaran hak paten yang dituding dilakukan situs jejaring milik Mark Zuckerberg.

Facebook di tuntut atas 10 pelanggaran hak paten, termasuk didalamnya teknologi pengiriman pesan (messaging), news feed generation, social commenting advertising display, pencegahan penipuan melalui klik (preventing click fraud) dan kontrol privasi (privacy controls).

"Facebook belum ada hingga 2004, 10 tahun setelah Yahoo berdiri," seperti dikutip Mashable dari isi komplain yang diajukan Yahoo. "Facebook sejak saat itu tumbuh menjadi situs yang memiliki trafik terbesar di Internet. Pertumbuhan itu, bagaimanapun, terbantu penggunaan Facebook akan teknologi Yahoo yang sudah di patenkan."

Pengaduan itu juga menyatakan " model jejaring sosial Facebook, yang memungkinkan pengguna untuk membuat profil dan terhubung dengannya, diantara hal lain, perorangan dan bisnis, didasarkan pada teknologi jejaring sosial yang sudah dipatenkan Yahoo." Yahoo tidak menyebutkan secara spesifik seberapa besar ganti rugi yang harus dibayar Facebook.

Tuntutan ini diajukan setelah Yahoo dan Facebook tidak mencapai kesepatakan soal masalah ini. Yahoo sudah membicarakan masalah paten ini dengan Facebook bulan lalu. Saat itu, Yahoo mengancam akan menuntut Facebook jika tidak membayar biaya lisensi atas penggunaan teknologinya.

0 comments — Skip ke Kotak Komentar

Post a Comment — or Kembali ke Postingan